Usaha Catering Rumahan Yang Mudah dan Menguntungkan | Catering Masakan Rumahan
16801
post-template-default,single,single-post,postid-16801,single-format-standard,woocommerce-no-js,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,footer_responsive_adv,hide_top_bar_on_mobile_header,qode-content-sidebar-responsive,columns-4,qode-child-theme-ver-1.0.0,qode-theme-ver-16.8,qode-theme-bridge,disabled_footer_top,wpb-js-composer js-comp-ver-5.5.4,vc_responsive
Usaha Catering Rumahan Yang Mudah dan Menguntungkan

Usaha Catering Rumahan Yang Mudah dan Menguntungkan

Usaha Catering Rumahan Yang Mudah dan Menguntungkan

Usaha Catering Rumahan Yang Mudah dan Menguntungkan – Usaha catering rumahan menjadi salah satu alternatif usaha rumahan yang sangat menguntungkan dan “mudah” diwujudkan. Catering rumahan secara arti katanya adalah catering atau layanan boga atau layanan makanan yang dapat dilakukan dari rumah dan bisa dilakukan oleh setiap orang yang punya “sedikit” keahlian di bidang masakan. Bagaimana jika tidak ahli dibidang makanan? Jangan takut, pada prinsipnya hampir semua orang dewasa ataupun anak bisa “masak” dengan sedikit panduan dari orang yang bisa atau mencoba resep-resep masakan yang saat ini sangat mudah didapatkan dari penggunaan jaringan internet.

Ini bukan sekedar teori atau tulisan belaka, namun usaha ini telah dilakukan dan mendatangkan keuntungan yang cukup besar diluar perkiraan banyak orang …

Menguntungkan

Disebut menguntungkan karena memang usaha ini akan menghasilkan keuntungan sama seperti usaha lainnya dengan mengambil selisih dari modal dan harga jual yang Anda tetapkan. Saat ini kebutuhan akan catering sangat tinggi sehingga bisa menetapkan tarif atau harga yang cukup tinggi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik.

Mudah

Dikatakan mudah karena usaha ini bisa jadi usaha sampingan bahkan jadi usaha utama yang dapat dilakukan oleh semua orang tanpa harus meninggalkan keluarga alias bisa dilakukan dari rumah dengan salah satu syarat terpenting yaitu kerja keras. Loh kok kerja keras kan katanya poin kedua nya adalah “mudah”. Ya mudah bukan berarti tidak bekerja keras dan bekerja keras bukan berarti harus kerja berat menguras tenaga.

Bagaimana Memulai Usaha Catering Rumahan?

Salah satu pertanyaan yang paling banyak dipertanyakan orang adalah”Bagaimana Memulai Usaha Catering Rumahan?” Mari kita bikin sesederhanamungkin jawabannnya; jawabnya ” niat, target pasar, promosi. Itu saja, yap itu saja dan jangan berpikir itu hal yang sulit.

Niat, ini adalah salah satu faktor paling penting dalam melakukan sesuatu, termasuk juga dalm berusaha, Anda harus menetapkan niat atau tujuan usaha Anda.

Target Pasar; catering apa yang ingin atau yang akan Anda lakukan, ada banyak, tapi …. kalau Anda tidak memiliki modal yang besar dan takut gagal cobalah dengan yang paling mudah, jangan langsung mencoba usaha catering besar seperti catering acara pernikahan, karena Anda belum punya pasar dan belum punya modak yang cukup untuk menjalankan usaha Anda. Lalu apa yang bisa dilakukan? Catering harian bisa jadi salah satu pilihan yang paling masuk akal dan mudah untuk segera dimulai, karena catering harian memiliki target pasar yang sangat luas dan bisa mendatangkan keuntungan setiap hari.

Promosi; ini adalah salah satu faktor yang cukup membuat banyak orang mengurungkan niatnya untuk melakukan usaha karena selalu berpikir bahwa promosi itu sulit dan membutuhkan keahlian tertentu. Jawabnya memang promosi adalah salah satu faktor penentu yang sangat berpengaruh dengan keberhasilan usaha Anda, namun pada dasarnya tidak sulit dilakukan asal punya kemauan dan tidak gampang menyerah.

Mungkin sampai ditahap ini akan banyak muncul pertanyaan dari Anda, dan nanti bisa ditanyakan langsung lewat fasilitas komentar dibagian akhir tulisan ini atau baca di bagian “Tanya Jawab” tulisan ini

Apa Saja Yang Harus Dilakukan?

Pilih Jenis Usaha Catering Rumahan yang mudah dan paling bisa dilakukan dengan cepat dan yang terpenting bisa mendatangkan pemasukan setiap hari. Jawabnya adalah catering harian, yaitu catering atau layanan boga yang dilakukan setiap hari dengan mengirimkan makanan ke pelanggan Anda.

Tetapkan Target Pasar Anda; tahap awal bisa menjadikan daerah sekitar Anda menjadi target pasar yang potensial, seperti perumahan, cluster atau klaster, home town, apartemen, kost exclusive, atau bahkan kantor kecil.

Promosi; jangan terlalu stres dengan faktor yang satu ini karena pada dasarnya saat ini hampir semua orang memiliki telepon pintar atau smartphone maka Anda bisa menjadikan ini sebagai salah satu faktor yang memudahkan Anda untuk berpromosi. Caranya bisa melalui social media seperti Facebook, Twitter, Path, Pinterest, Instagram atau salah satu yang mulai menjadi favorit banyak orang yaitu Google+. Anda juga bisa memanfaatkan group di whatsapp untuk mempromosikan layanan Anda, dengan hati-hati agar tidak mengganggu group Whatsapp tersebut.

Karena peluang usaha ini sangat besar maka tingkat persaingan yang akan dihadapi juga sangat besar sehingga untuk tetap bertahan dan semakin berkembang makan Anda harus menyisihkan sedikit keuntungan Anda untuk membangun atau membuat website dan beriklan di Google.

Catering Harian

Catering harian adalah salah satu bentuk layanan catering yang dilakukan dengan mengirimkan makanan ke pelanggan Anda setiap hari.

Modal Usaha; salah satu yang jadi faktor penentu dari sebuah usaha adalah modal, dan untuk yang tidak memiliki modal besar maka jadikan lah pelanggan Anda menjadi modal usaha Anda. Maksudnya? Setiap pelanggan yang akan menggunakan layanan Anda harus membayar catering nya sebelum layanan dilakukan atau pembayaran dimuka atau sistem deposit. Anda bisa menggunakan deposit atau bayaran dimuka ini untuk membeli peralatan yang dibutuhkan dan bahan-bahan untuk dimasak.

Harga Catering Harian; satu lagi faktor terpenting adalah harga, Anda haru bisa menentukan harga yang pantas untuk layanan catering harian Anda. Jangan terlalu rendah dan jangan terlalu tinggi dan pastikan masih terdapat selisih keuntungan dari harga yang Anda tetapkan. Kisaran harga yang bisa Anda tawarkan adalah dari Rp. 17.500,-  s/d Rp. 35.000,-

Paket Catering Harian; untuk layanan catering harian Anda bisa tawarkan paket lengkap atau paket lauk saja tanpa nasi dan buah agar pelanggan Anda yang biasa memasak nasi di rumah tetap bisa jadi target pasar Anda.

Kemasan dan Pengiriman; kedua faktor ini saling behubungan karena kalau Anda memilih kemasan yang harus diambil kembali seperti rantangan, kotak makan dengan sekat maka Anda harus memikirkan tenaga pengiriman yang harus Anda bayar secara harian atau Anda lakukan sendiri pengirimannya. Cara lain adalah menggunakan kemasan sekali kirim tanpa harus diambil kembali, dengan cara ini Anda bisa mengirimkan layanan catering Anda menggnakan ojek online dan biaya kirim bisa ditagihkan langsung ke pelanggan Anda dan digabungkan dengan harga catering Anda. Contoh bila harga catering Anda Rp. 20.000,- dan ongkos kirim ke pelanggan adalah Rp. 13.000,- maka Anda hitung biayanya menjadi Rp. 33.000,- per porsi/pengiriman.

Kemasan yang digunakan sebagai gambar utama tulisan ini adalah kotak plastik / thin wall 1500 gram – bisa untuk microwave – yang bisa Anda beli dengan harga Rp. 1.800 s/d Rp. 2.200,- / buah dan harus dihitung sebagai salah satu modal Anda dalam menentukan harga jual karena kemasan ini tidak akan kembali lagi.

Waktu Pengiriman; pengiriman bisa Anda tentukan apakah 1 x sehari atau sampai 3 x dalam satu hari, misalnya 1 x pengiriman di pagi hari (untuk sarapan) di pukul 05.00 WIB –  1 x pengiriman di siang hari di pukul 10.00 – 11.00 WIB dan 1 x pengiriman di sore hari pukul 16.00 – 17.00 WIB.

Kesimpulan

Sebagai langkah awal Anda bisa menjadi bagian dari catering lain yang sudah berjalan dengan menghubungi pemilik catering dan menawarkan layanan Anda untuk mencakup daerah disekitar Anda, karena kalau sebuah catering harian yang menerapkan sistem pengiriman menggunakan ojek online maka daerah cakupan layanan nya kan sedikit terbatas di daerah atau lokasi si pemilik catering harian tersebut.

No Comments

Post A Comment