Add Recipe

Resep Masakan Yu Sheng

Yee sang secara harfiah berarti ikan mentah. Akan tetapi dalam bahasa Cina kedengarannya seperti yu sheng yang dapat diartikan sebagai peningkatan dalam kelimpahan. Menjadi simbol dari kekayaan, kemakmuran dan nasib baik.

Yu sheng meruapakan racikan sayuran yang beri saus. Terdiri dari beragam sayuran seperti lobak warna-warni, jahe, timun dan wortel serta jeruk Bali. Racikan salad ini mempunyai 4 rasa; asin, manis, pahit, dan pedas. Yu shengmerupakan makanan pembuka saat jamuan makan malam Tahun Baru Cina.

Jika ingin meracik sendiri, situs Noob Cook (21/01/2014) memberikan perincian bahan dan alat yang harus disiapkan.

1. Bahan utama
Siapkan 1 batang wortel kupas kulitnya, 1 batang lobak putih, 1 buah mentimun, 2 sendok makan acar jahe merah Jepang, 50 gram buah pomelo atau jeruk bali, pewarna makanan merah dan hijau, minyak untuk menggoreng dan manisan seperti kulit jeruk, jahe, dan jamur enoki.

2. Bahan pelengkap
Untuk pelengkapnya, 1 sendok makan biji wijen sangrai, 1 sendok makan kacang goreng yang dicincang halus, 1 sendok teh bubuk kayu manis, sejumput lada putih, 1 sendok makan extra virgin olive oil dan kulit pangsit goreng yang dipotong kecil.

3. Saus
Buatlah saus dengan 2,5 sendok makan saus plum, 1 sendok teh minyak wijen, air panas untuk melarutkan hingga cukup kental. Resep saus ini dapat digunakan untuk 2 porsi. Anda dapat melipatgandakan jumlahnya untul menyajikan 4 atau 6 porsi.

4. Memilih jenis ikan
Yu Sheng biasanya diberi campuran irisan ikan mentah. Ikan yang digunakan biasanya menggunakan irisan fillet salmon, tuna, atau kerapu dan bisa juga ditambahkan dengan irisan abalone.

5. Siapkan alat
Siapkan pengupas sayuran khusus dengan bentuk ‘gigi’ atau batang korek api atau alat pengiris mandolin untuk memotong-motong sayuran dengan cepat, biasanya bentuk yang dihasilkan strip tipis panjang, siapkan piring bulat untuk menaruh bahan utama sebagai kebulatan yang melambangkan kecukupan.

 

Yee sang atau yusheng (Hanzi: 鱼生; Pinyin: yúshēng) adalah masakan Tiochiu berupa salad ikan segar ditambah irisan halus sayuran seperti wortel dan lobak. Daging ikan yang dipakai adalah irisan ikan tuna atau ikan salem yang sebelumnya bisa sudah direndam dalam campuran minyak wijen, minyak goreng, dan merica. Saus dibuat campuran minyak (minyak goreng dan minyak wijen) dengan tambahan saus buah prem, gula pasir, dan bubuk kayu manis.

Aksara Tionghoa untuk ikan () dan berkelebihan () sama-sama dibaca sebagai . Aksara Tionghoa untuk yúshēng (鱼生) juga homofondengan yúshēng (余升) yang berarti meningkatnya kelimpahan. Oleh karena itu, makanan ini dipercaya sebagai simbol kelimpahan dan kemakmuran bagi orang yang memakannya.

Foto :  id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Singapore_Yusheng.jpg

You May Also Like

Beranda
Akun
Tulis Resep
Cari