Add Recipe Add Recipe

Martabak Kubang Saharjo




Martabak Kubang Saharjo

Martabak Kubang Hayuda (atau lebih dikenal dengan nama Martabak Kubang saja) barangkali sudah akrab ditelinga pecinta kuliner dengan citarasa pedas ataupun khas melayu. Sebagai penikmat martabak saya juga sudah akrab dengan makanan ini, beberapa kali saya sudah berkunjung dan bersantap disini.

Lokasi

Lokasinya Martabak Kubang Hayuda ada di jalan Saharjo, dekat dengan jalan Minangkabau. Lokasi parkirnya agak susah terutama kalau sedang penuh-penuhnya pengunjung. Di tempat ini disediakan 2 lantai untuk tempat bersantap, lantai 1 berkapasitas sekitar 20 – 30 orang saja dan agak gerah, bonusnya bisa menyaksikan para staff membuat martabak dan roti cane.

Untuk lantai 2 tempatnya lebih nyaman karena dilengkapi pendingin ruangan dengan kapasitas yang kurang lebih sama dengan lantai 1.

Dari hasil lihat-lihat menu di sana, ternyata ada 6 cabang martabak kubang yang tersebar di seantero jakarta dan depok.

Menu Utama: Martabak Kubang

Martabak Kubang dilihat dari luar bentuknya persis dengan martabak telur yang umum dijumpai di pedagang martabak. Bedanya, martabak kubang menggunakan daging sapi dalam jumlah yang wah, dijamin rasanya juga beda dengan martabak telur biasa. Kulitnya juga terasa sangat empuk dan tidak kering.

Martabak Kubang juga tidak menawarkan pilihan berapa telur yang digunakan, jadi martabak kubang biasa dan kubang super memiliki cita rasa yang sama, hanya berbeda ukurannya saja.

Oiya disini juga bumbu kuahnya terasa spesial, dengan rasa kuah asam pedas yang dilengkapi bawang bombay, cabe rawit dan irisan tomat, menyantap martabak kubang akan terasa sangat nikmat dan segar.

Selain kuah asam pedas, biasanya saya memesan kuah kari tambahan untuk dicampur dengan martabak kubang, rasanya mantab dan pekat .

Kedua kuah tersebut memiliki citarasa yang berbeda tapi tetap sangat menggugah selera.

Menu

Selain menu utamanya martabak kubang yang full dengan isi daging, ada beragam menu lain yang khas masakan melayu (aceh & padang) : roti cane, nasi goreng, sate padang, soto padang, mi goreng.

Sempat mencoba juga menu sate padang disini, untuk rasanya lumayan khas agak smoky, tapi rasa kuahnya masih lebih enak ajo ramon ataupun ajo manih .

Untuk nasi goreng spesialnya juga menurut saya biasa saja, kurang kekhasan rasanya . Kalau untuk roti cane manisnya lumayan mantap walaupun mirip-mirip rasanya dengan penjual roti cane yang lain.

Tags: martabak kubang, martabak kubang hayuda, kuah asam pedas, kuah kari, saharjo, nasi goreng, sate padang, roti cane
sumber :  panjiatmojo.blogspot.com

You May Also Like

Tinggalkan Balasan